Selasa, 24 Desember 2013

DJKN KANWIL KALBAR KOORDINASI PT PEGADAIAN

KOORDINASI KANWIL DJKN KALBAR DENGAN PT PEGADAIAN.

Kepala Bidang Lelang Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN Kalimantan Barat (Kalbar) Bapak Widya Sananda, melakukan koordinasi dengan Pimpinan Wilayah PT Pegadaian (persero) Wilayah V Kalimantan di Balikpapan pada tanggal 27-29 November 2013.

Kegiatan Koordinasi yang dilakukan adalah dalam rangka melakukan implementasi Nota Kesepahaman DJKN dengan Perum Pegadaian (sekarang menjadi PT Pegadaian persero) Nomor: PRJ-01/KN/2011 dan Nomor: 62/SP.300233/2011 yang ditandatangani pada tanggal 27 Januari 2011.

Koordinasi adalah merupakan kegiatan yang sangat penting pada manajemen organisasi, jelasnya melalui upaya koordinasi akan dapat meluruskan suatu informasi menjadi suatu aksi tindakan yang sama dan sejalan dengan apa yang diharapkan sebagai tujuan organisasi. Dalam kamus manajemen organisasi pentingnya kegiatan koordinasi dinyatakan oleh GR. Terry, bahwa Koordinasi merupakan suatu usaha yang teratur dengan mengarahkan pelaksanaan kegiatan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
 
Adapun koordinasi yang dilakukan oleh Kanwil DJKN Kalbar, dengan menugaskan Bapak Widya Sananda selaku Kepala Bidang lelang dan Ibu R. Nuning Budiarti, adalah sebagai upaya dari Kanwil DJKN Kalbar untuk melaksanakan persamaan persepsi terhadap penatausahaan dan pelaporan Hasil Bea Lelang antara Kanwil DJKN Kalimantan Barat dengan Kanwil PT Pegadaian (persero) Wilayah V Kalimantan di Balikpapan, sekaligus melaksanakan sinergi, sinkronisasi serta rekonsiliasi terhadap instansi PT Pegadaian (persero) terkait data Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Hasil Bea Lelang dari pelaksanaan lelang yang dilakukan oleh PT Pegadaian (persero) dalam wilayah kerja Kanwil DJKN Kalbar.

Sebelum pelaksanaan kegiatan koordinasi ini, Bidang Lelang Kanwil Kalbar telah melakukan pelaksanaan Rekapitulasi Data Hasil Bea lelang Pegadaian yang telah dilaporkan oleh Seksi Lelang KPKNL Pontianak dan Singkawang,  dengan melihat dari Rekapitulasi Data Hasil Bea lelang Pegadaian yang telah dihimpun oleh Bendahara masing-masing KPKNL.

Selain itu, Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalbar telah pula melakukan koordinasi dan konfirmasi kepada Bapak Widiasmoro Ibnu, selaku Kepala Area Manager PT Pegadaian (persero) wilayah Kalimantan Barat di Pontianak, terkait pelaporan Hasil Bea Lelang yang telah dilaksanakan dan disetorkan ke Kas Negara oleh unit kerja PT Pegadaian (persero) di wilayah Kalimantan Barat.

Dalam pelaksanaan koordinasi dengan Manager Area PT. Pegadaian (persero) wilayah Kalimantan Barat, Bapak Widiasmoro telah menyampaikan adanya beberapa kendala dalam pelaksanaan penyetoran Hasil Bea Lelang Pegadaian, terutama terkait permasalahan up-dating Mata Anggaran Penerimaan (MAP) yang baru saat penyetoran pada Bank Persepsi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalbar telah diperoleh Capaian Hasil Bea Lelang dari PT Pegadaian (persero) di Wilayah Kerja Kalimantan Barat, yaitu untuk Capaian wilayah kerja KPKNL Pontianak sebesar Rp. 661 juta lebih, sedangkan untuk Capaian wilayah kerja KPKNL Singkawang sebesar Rp. 168 juta lebih.
  
Pada pertemuan dalam rangka Koordinasi, Bapak Benzani selaku Pimpinan Wilayah PT. Pegadaian (persero) Wilayah V Kalimantan di Balikpapan, menyampaikan apresiasi terhadap Kanwil DJKN Kalimantan Barat atas kunjungan pelaksanaan koordinasi yang dilakukan Bapak Widya Sananda selaku Kepala Bidang Lelang yang mewakili Kepala Kanwil DJKN Kalimanatan Barat, sehingga beberapa permasalahan terkait laporan realisasi Hasil Bea Lelang PT. Pegadaian (persero) dalam wilayah kerja Kalimantan Barat dapat segera dilakukan persamaan data dan persepsi yang sama guna tercipta penatausahaan yang lebih baik lagi.

“Pelaksanaan Koordinasi ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh DJKN dalam wilayah kerja PT. Pegadaian (persero) Wilayah V Kalimantan di Balikpapan pada Tahun 2013 ini”, demikian dikatakan Bapak Benzani, yang baru beberapa bulan menduduki jabatan Pimpinan Wilayah PT. Pegadaian (persero) Wilayah V Kalimantan.

Pada akhir pertemuan telah disepakati agar hasil pertemuan koordinasi ini akan segera dilakukan tindaklanjut termasuk pelaksanaan penatausahaan laporan dan penyetoran Hasil Bea Lelang PT. Pegadaian (persero) di Wilayah Kerja Kalimantan Barat dengan menggunakan MAP baru, antara PT. Pegadaian (persero) dengan Kanwil DJKN Kalimantan Barat.    ****


WiNanda-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar